Nurhayatiningsih’s Blog

Just another WordPress.com weblog

SOAL PENALARAN INDUKSI – DEDUKSI

Posted by Nurhayatiningsih pada April 27, 2009

SOAL LOGIKA (PENALARAN) ARGUMENTASI INDUKSI

PENALARAN INDUKSI APAKAH PARAGRAF DI BAWAH INI ?( GENERALISASI atau ANALOGI, atau SEBAB-AKIBAT/AKIBAT-SEBAB/SEBAB-AKIBAT 1, AKIBAT 2)

1. Pemerintah mendirikan sekolah sampai ke pelosok. Pusat kesehatan masyarakat diperbanyak. Lapangan kerja baru diciptakan. Pembangunan rumah ibadah dibantu. Memang menjadi tugas pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Jawab :

2. Sebulan yang lalu ada perampok tertangkap di kampung kami. Seluruh penduduk keluar dan menghujani perampok itu dengan pukulan, sampai berlumuran darah dan pingsan. Semalam Ali datang ke rumah Budi, tetangga kami. Mereka bertengkar karena soal utang piutang. Akhirnya Ali mengancam Budi dengan pisau. Karena Budi takut, ia berteriak, ”Perampok! Perampok!” Mendengar teriakan Budi, segera Ali lari. Agaknya Ali takut dikeroyok seperti perampok sebulan lalu.

Jawab :

3. Ah, lihat ! Platina vespamu sudah tipis dan tidak rata. Jalannya listrik ke busi tersendat-sendat, dan pembakaran dalam silinder menjadi tidak teratur. Dengan demikian skutermu tidak dapat lari dengan lancar. Belilah platina baru! Akan saya tolong nanti memasangnya.

Jawab :

4. Kita tertarik kepada planet Mars, karena banyak persamaannya dengan bumi kita. Mars dan bumi menjadi anggota tata surya yang sama. Mars mempunyai atmosfir seperti bumi. Temperaturnya hampir sama dengan temperatur bumi. Unsur oksigen dan air agaknya ada juga. Caranya beredar mengelilingi matahari menyebabkan pula timbulnya musim seperti di bumi. Jika di bumi ada makhluk hidup, tidakkah mungkin pula ada makhluk hidup di planet Mars?

Jawab :

5. Setelah karangan anak-anak kelas XI IS2 diperiksa, ternyata Ali, Toto, Alex dan Burhan mendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat nilai 7. Hanya Maman yang mendapat nilai 6, dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Boleh dikatakan, anak kelas XI IS2 cukup pandai dalam pelajaran mengarang.

Jawab :

6. Ciri-ciri seorang penderita penyakit ayan (epilepsi) bila ia mengalami ketegangan jiwa tiba-tiba saja menjadi pingsan disertai kejang-kejang dan dari mulutnya keluar busa. Sudah beberapa kali Ali pingsan di sekolah dengan tanda-tanda seperti itu. Mungkinkah Ali juga mengidap penyakit ayan?

Jawab :

7. Kemarin Doni tidak masuk kantor. Hari ini pun tidak masuk. Pagi tadi istrinya pergi ke apotek membeli obat. Sakitkah Doni?

Jawab :

8. Alam semesta berjalan dengan sangat teratur , seperti halnya mesin. Maahari, bumi, bulan dan bintang yang berjutajuta jumlahnya beredar dengan teratur, seperti teraturnya roda mesin yang rumit berputar. Semua bergerak mengikuti irama tertentu. Mesin rumit itu ada penciptanya, yaitu manusia. Manusia yang pandai, teliti, dan bijaksana. Tidakkah alam yang mahabesar dan beredar rapi sepanjang masa ini tidak pula ada penciptanya? Penciptanya yang Mahapandai, Mahateliti dan Mahabijaksana?

Jawab :

9. Tembaga adalah sejenis logam, bila dipanaskan akan memuai. Perak adalah sejenis logam, bila dipanaskan akan menuai. Timah adalah sejenis logam, bila dipanaskan akan memuai. Emas sejenis logam bila dipanaskan akan memuai. Jadi semua jenis logam bila dipanaskan akan memuai.

Jawab :

10. Beberapa pohon tanaman hias di halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak pernah terlewati untuk diberi pupuk. Apa sebabnya? Ternyata tanaman tersebut tidak mendapat sinar matahari, karena terhalang oleh pohon kayu besar yang ditanam di pinggir jalan raya.

Jawab :

11. Sebuah pabrik kue mencoba memproduksi jenis kue yang agak lain dari biasanya, yakni kue yang rasanya sangat enak, aromanya wangi, bentuknya artistik dan dibungkus dalam kemasan yang memikat. Kue ini dijual dengan harga mahal. Tapi anehnya sangat laku dijual di kota-kota Bandung, Semarang, Surabaya, sehingga perusahaan mempunyai untung besar. Berdasarkan pengalaman ini, pemilik pabrik kue berkesimpulan bahwa untuk konsumsi orang-orang yang tinggal di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta, medan dan sebagainya perlu diproduksi kue sejenis karena selera mereka tidak akan berbeda jauh.

Jawab :

12. Akhir tahun 1986 pemerintah mengumumkan kebijaksanaannya di bidang moneter yaitu adanya devaluasi nilai uang rupiah terhadap dolar Amerika. Akibatnya ialah harga barang impor naik. Karena banyak industri yang menggunakan bahan dari luar negeri, akibatnya harga-harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya menjadi naik pula. Rakyat kecil mengeluh karena pendapatannya semakin tidak mencukupi kebutuhan pokok.

Jawab :

SOAL PENALARAN ARGUMENTASI DEDUKSI

  1. Carilah PU –nya!

a. PU :

PK : Burung adalah unggas

S : Burung mempunyai sayap

b. PU :

PK : Kapal bukan rakit

S : Kapal tidak terbuat dari bambu

c. PU :

PK : Dini siswa yang jujur.

S Dini Tidak mau menyontek.

  1. Carilah PK-nya!

a. PU : Semua penderita hipertensi tidak boleh mengkonsumsi banyak garam.

PK :

S : Nenek tidak boleh mengkonsumsi banyak garam.

b. PU : Semua peserta ujian nasional harus membawa kartu ujian.

PK :

S : Reny harus membawa kartu ujian nasional.

c. PU : Semua penumpang BUSWAY harus bayar dengan uang pas.

PK :

S : Hamid tidak harus bayar dengan uang pas.

  1. Carilah S-nya!

a. PU : Semua menteri luar negeri berhubungan dengan diplomat asing.

PK : Hasan WiraYudha menteri luar negeri.

S/K :

b. PU : Semua binatang yang akan masuk ke Indonesia harus dikarantina.

PK : Nero bukan binatang yang akan masuk ke Indonesia.

S/K :

c. PU : Semua sawah yang terkena banjir tidak dapat dipanen.

PK : Sawah Didik sawah yang terkena banjir.

S/K :

  1. Buatlah silogisme dari entimem di bawah ini!
    1. Iskandar tidak banyak rejekinya karena ia orang yang malas.
    2. Bapak Sasmita wajib memberi contoh yang baik karena beliau seorang pejabat.

  1. Buatlah silogisme dari golongan kata “Transportasi dengan menggunakan silogisme rumus kedua : PU : A = B

PK : C ≠ A

K/S : C ≠ B

  1. Buatlah entimem dari silogisme nomor lima!

Tinggalkan komentar